Sejarah Singkat Organisasi | PPNI Komisariat UPTD Sukakarya Kota Sabang

Logo PPNI
A.PENDAHULUAN

   Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) adalah organisasi perhimpunan seluruh perawat di Indonesia, yang didirikan pada tanggal 17 Maret 1974, sebagai satu-satunya organisasi profesi bagi keperawatan di Indonesia. PPNI memegang peranan yang sangat penting dalam pengembangan keperawatan untuk mewujudkan keperawatan sebagai suatu profesi yang mandiri, tangguh dan diakui oleh organisasi profesi yang lain dan mendapat penghargaan dari masyarakat umum.

 

B.LATAR BELAKANG  

   PPNI Komisariat UPTD Sukakarya merupakan unit organisasi profesi perawat yang terkecil di Kota Sabang, sebagai wadah perkumpulan bagi Perawat yang bertugas di 3 (tiga) Puskesmas, yaitu Puskesmas Sukakarya, Puskesmas Pria Laot dan Puskesmas Iboih di Kota Sabang.  

    Sesuai AD/ART PPNI Pasal 32 sekurang-kurangnya 25 perawat yang menjadi anggota, sudah dapat membentuk Komisariat, sehingga Pada Tahun 2016 komisariat ini terbentuk dengan adanya Musyawarah Komisariat Ke-1 di Puskesmas Sukakarya, diikuti oleh beberapa Perawat dari Puskesmas Sukakarya, sehingga terpilih secara aklamasi sdr.Mirja sebagai Ketua DPK. Pembentukan Pengurus oleh tim formatur yang bertugas menyusun pengurus DPK untuk di SK-kan oleh DPD PPNI Kota Sabang.

     Pada saat itu belum semua perawat di wilayah DPK Sukakarya memiliki NIRA PPNI atau belum terdaftar anggota PPNI secara Nasional, sehingga kepengurusan hanya berasal dari satu puskesmas.

    Musyawarah Komisariat adalah pelaksanaan kedaulatan tertinggi di tingkat komisariat yang dihadiri oleh Pengurus DPK, Anggota PPNI Komisariat, DPD PPNI Kota Sabang serta Tamu Undangan.

     Musyawarah Komisariat Ke-2 dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2020 di Puskesmas Sukakarya, diikuti oleh perwakilan Perawat dari tiga Puskesmas Sukakarya, DPD PPNI Kota Sabang, Kepala Puskesmas dan para tamu undangan dari DPK PPNI di seluruh Kota Sabang. 

    Pada saat itu terpilih kembali sdr.Mirja melalui pemilihan secara voting dan hari itu juga dilantik sebagai ketua DPK PPNI UPTD Sukakarya Kota Sabang periode 2019 - 2024 oleh Ketua DPD PPNI Kota Sabang. 

     

C. RINCIAN ANGGOTA DPK SUKAKARYA
    Sesuai Data DI SIMK ONLINE PPNI
Berjumlah 87 Anggota (24-10-2020)
  1. 1 Anggota MENINGGAL DUNIA
  2. 58 Anggota bekerja di 3 Puskesmas
  3. 8 Anggota PDDK SPK
  4. 13 Anggota TIDAK BEKERJA
  5. 7 Anggota BEKERJA DILUAR DPK

D.ANGGOTA DPK SUKAKARYA BERDASARKAN TINGKAT KESEJAHTERAAN DARI JUMLAH AGT DPK SKK 87 ANGGOTA AKTIF

  1. PNS 23 Anggota
  2. PPPK 3 Anggota
  3. THL 9 Anggota
  4. TENAGA BAKTI 37 Anggota
  5. TIDAK BEKERJA 13 Anggota
E. ANGGOTA DPK SUKAKARYA BERDASARKAN TEMPAT KERJA
  1. SKK = 38
  2. PL = 16
  3. IBH = 10
  4. RSUD =8
  5. CB = 1
  6. TB = 13
  7. CMT = 1
G. YANG SUDAH DILAKUKAN
  1. Pendataan Anggota Baru dan Lama
  2. Pelayanan Administrasi keanggotaan
  3. Membantu Penarikan Iuran Anggota
  4. Membantu Proses STR dan SIKP Anggota
  5. Koordinasi DPD PPNI Sabang
  6. Pembukaan Rekening DPK
  7. Pemberian Bantuan kepada sejawat akibat covid 19 
  8. Menfasilitasi anggota Ikot Zoominar Keperawatan

Reactions

Post a Comment

0 Comments